Pertanyaan

Assalamualaikum,

Apakah benar kalau hari jumat kita tidak boleh puasa? Kalo puasa kita untuk bayar utang puasa blm ramadhan bagaimana? Mungkin yang tidak boleh puasa sunat atau bagaimana, saya kan mau membayar puasa yang wajib dulu, mohon penjelasannya.

Wassalam,

Jawaban

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Sebenarnya yang dilarang itu bukan berpuasa di hari Jumat. Akan tetapi yang dilarang adalah mengkhususkan setiap hari Jumat untuk berpuasa sunnah, tanpa dideretkan dengan sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya.

Berpuasa di hari jumat, kalau judulnya untuk membayar hutang puasa yang memang sudah tidak ada lagi waktunya, tentu saja tidak dilarang. Demikian juga bila pada hari Kamis sehari sebelumnya juga diiringi dengan puasa, maka tidak ada larangan. Atau diteruskan pada hari Sabtu sehari sesudahnya untuk berpuasa, juga tidak ada larangan.

Haram atau Makruh?

Sebenarnya apa yang kita sebut sebagai larangan, pada dasarnya tidak bersifat mutlak haram. Istilah yang digunakan oleh para ulama juga bukan istilah haram, melainkan makruh.

Di dalam kitab As-Shahih, Imam Muslim menuliskan hadit terkait berpuasa hari Jumat dalam sebuah bagian yang diber judul Kitabus Shiam Bab Karahiatu Shiyam Yaumul Jum’ah Munfaridan.

Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian khususkan hari Jum’at dengan berpuasa, dan tidaklah pula malamnya untuk ditegakkan (shalat)”. (HR Muslim).

Namu dari hadits yang lain disebutkan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan isterinya untuk berbuka puasa, ketika isterinya itu berpuasa di hari Jumat.

Dari Ummul Mu’minin Juwairiyah, “Rasulullah masuk kepadanya ketika sedang puasa pada hari Jum’at, lalu Rasulullah, “Apakah engkau puasa kemarin?” Ummul Mu’minin menjawab, “Tidak.” Lalu Rasulullah bertanya kembali, Apakah besok engkau ingin berpuasa kembali?” “Tidak”, jawabnya. Lalu Rasulullah bersabda, “Berbukalah!” (HR Bukhari).

Dari Abi Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah bersabda, “Janganlah salah satu dari kalian puasa di hari Jum’at kecuali bila berpuasa sebelum atau sesudahnya” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Kalau ditanya mengapa pada hari Jumat dilarang berpuasa?

Sebagian ulama mengatakan bhawa karena hari Jumat termasuk Hari Raya pekanan. Sebagaimana kita tahu bahwa umat Islam memang diharamkan untuk berpuasa di hari Raya. Kalau selama ini kita kenal dua Hari Raya, yaitu ‘Ied Al-Fithr dan ‘Ied Al-Adha, maka hari Raya yang ketiga adalah setiap hari Jumat.

Wallahu a’lam bihshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc

Sumber: www.warnaislam.com