Salam kawan,

Dewasa ini, kejujuran seseorang dalam berucap amatlah diperlukan, karena nilai dari kejujuran itu sendiri amatlah tinggi harganya. Jika seseorang sudah terbiasa jujur, maka biasanya dia akan mendapatkan kepercayaan yang amat tinggi dari teman-temannya. Dan tahukah anda bahwa untuk mengetahui seseorang itu jujur atau tidak ternyata amatlah mudah sekali. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah seseorang itu jujur atau tidak:

1. Perhatikan Jumlah Kedipan Mata.

Kedipan mata itu teratur untuk melubrikasi, membasahi bola mata supaya tidak kering. Sehingga kalau kedipan mata itu berlebihan diatas kewajaran, berarti ada sesuatu yang menekan orang itu untuk menyembunyikan jendela hatinya, karena mata itu adalah jendela hati.

Perhatikanlah orang yang habis bertengkar, lalu kemudian baikan. Jarang sekali melakukan kontak mata, karena takut ketahuan orang bahwa dia belum ikhlas. (Sumber)

Nah, Tingkat kenormalan seseorang berkedip adalah 5-13 kali/menit, maka jika ada seseorang yang kedipannya lebih dari 13 kali /menit maka orang tersebut bisa diindikasikan telah berbohong (beda klo emank orangnya cacingan ya?? =D ). Sebagai Contoh: Ketika Presiden Bill Clinton berpidato menjelaskan skandal perselingkuhannya dengan Monica Lewinsky pada 1998, matanya berkedip lebih banyak. Terekam dia berkedip 120 kali per menit.

Padahal, normalnya pola kedipan mata Clinton sekitar 7-12 kali per menit. Artinya, saat pidato permohonan maaf itu ada hal-hal yang membuat Clinton tidak jujur. Sebab, orang yang berbicara tak jujur pola kedipan matanya bisa 5-12 kali lebih sering. (Sumber).

2. Melihat Dari Gerakan Bola Mata

Cara yang satu ini dilakukan oleh polisi-polisi amerika terutama CIA atau FBI dalam menginterogasi (bener gak yah kalimatnya begini?? =D ) tawanannya, (klo di indonesia beda cara interogasinya,, yah kawan-kawan tahu sendirilah gimana sifat dan perilaku polisi di indonesia).

Gerakan dari Bola Mata itu sendiri ada beberapa macam diantaranya:

    • Gerakan Bola Mata ke Kiri Atas

Hal ini terjadi bila si pelaku sedang mengingat sesuatu yang pernah terjadi, sebagai contoh: Ketika kecil biasanya anda kemana saja?? atau Planet Uranus adalah Planet keberapa dalam sistem tatasurya kita??

    • Gerakan Bola Mata ke Kanan Atas

Hal ini terjadi bila si pelaku sedang merangkai-rangkai sesuatu, sebagai contoh: Ketika seorang suami berbohong kepada istrinya bahwa dia baru pulang dari kantor padahal habis dari tempat main golf.

    • Gerakan Bola Mata ke Kiri Telinga Datar (lurus)

Hal ini terjadi bila si pelaku sedang mengingat-ingat lagu kesayangannya.

    • Gerakan Bola Mata ke Kanan Telinga Datar (lurus)

Hal ini terjadi bila si pelaku sedang mencoba untuk membangun dalam pikirannya tentang hal-hal yang tidak mungkin, sebagai contoh: Coba anda bayangkan seekor gajah berwarna biru, memakai topi koboi, mempunyai belalai pendek, dan memakai kaos kaki warna ungu… (pasti spontan arah mata ke arah kanan kan?? hehehe).

    • Gerakan Bola Mata ke Kiri Bawah

Hal ini terjadi bila si pelaku sedang ngomong-ngomong sendiri.

    • Gerakan Bola Mata ke Kanan Bawah

Hal ini terjadi bila si pelaku sedang sedih.

3. Melihat Dari Hidungnya Sedikit Membesar

Jika seseorang sedang berbohong maka selain memperhatikan matanya, coba anda perhatikan hidungnya, jika hidungnya sedikit membesar, maka bisa dipastikan bahwa dia telah berbohong..!! (beda kalau orangnya memang mempunyai hidung yang besar =D ).

Sekian informasi yang bisa saya berikan, sebenarnya masih banyak lagi test-test yang lain untuk mengetahui apakah seseorang itu jujur atau tidak, berhubung ilmu yang saya dapat baru sedikit jadi hanya segini saja yang bisa saya berikan, semoga dengan ilmu yang sedikit ini bisa bermanfaat anda yang sedang membaca. Jadi sekarang jika ada seseorang yang ingin berbohong jadi ketahuan deh… hehehe.

Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Sumber: Segala sumber

Best regards,

Indrakidz